Kamis, 24 November 2011

Yuuuk,,, Mengenal Sepeda!!!


(http://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda)
 
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Sepeda merupakan alat transportasi yang sangat sederhana dan ramah lingkungan karena tidak membutuhkan bahan bakar.
Menurut Sejarah, kendaraan beroda dua telah ada sejak
awal abad ke-18 yang diberi nama velocipede. Asal mula sepeda diperkirakan berasal dari negara Perancis.
Rangka yang menjadi konstruksi velocipede masih belum mengenal besi, tetapi masih menggunakan bahan kayu. Model konstruksinya masih tanpa tuas kemudi (setang) sehingga tidak dapat digerakkan ke arah kanan atau kiri. Demikian juga untuk menggerakan roda belum menggunakan pengayuh karena masih menggunakan kaki yang digerakan seperti gerakan berjalan.
Salah seorang yang telah menyempurnakan velocipede adalah ilmuan Jerman yang bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn. Pada tahun 1818, baron membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya karena Baron bekerja sebagai kepala pengawas hutan Baden, sehingga ia membutuhkan sarana transportasi bermobilitas tinggi. Baron menamakannya “Laufmaschine” atau “Running Machine”. Sepeda yang dibuatnya menggunakan dua ban yang terbuat dari kayu dan terhubung dengan rangka kayu. Cara kerjanya masih sama dengan velocipede, yaitu menggunakan kaki yang digerakan seperti gerakan berjalan atau berlari karena belum terdapat pedal dan pengayuh.

Draisine or Laufmaschine (www.elfafatiah.wordpress.com)


Sumber:
Joseph Benyamin Mamoedi, Tan Rahardian. Langkah Mudah Merakit Sepeda. Buku SEPEDA. Rumah HOBI. 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar