Model sepeda seperti laufmaschine
yang masih kurang nyaman untuk dikendarai, bentuknya mulai diperbaharui dari
tahun ke tahun. Orang yang telah
menyempurnakan sepeda salah satunya adalah Kirkpatrick MacMilan (1812-1878)
pada tahun 1839. Kirkpatrick merupakan seorang pandai besi kelahiran
Skotlandia, membuat mesin mirip pendorong yang diaktifkan engkol lewat gerakan
turun naik kaki mengayuh pedal. Kirkpatrick juga sudah mulai menghubungkan
engkol yang dibuatnya dengan tongkat kemudi sederhana.
Selain Kirkpatrick, upaya
penyempurnaan juga dilakukan oleh
penemu Perancis , yaitu Ernest Michaux pada tahun 1855 dengan membuat pemberat engkol agar laju sepeda lebih stabil. Penemu lainnya yang juga dari Perancis, yaitu Pierre Lallement pada tahun 1865, pada waktu itu teknik penyambungan besi dan karet sudah ada sehingga Pierre memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Pierre juga memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
penemu Perancis , yaitu Ernest Michaux pada tahun 1855 dengan membuat pemberat engkol agar laju sepeda lebih stabil. Penemu lainnya yang juga dari Perancis, yaitu Pierre Lallement pada tahun 1865, pada waktu itu teknik penyambungan besi dan karet sudah ada sehingga Pierre memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Pierre juga memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
Perkembangan teknologi pembuatan
baja berlubang, penyambungan besi yang semakin baik, serta penemuan karet
sebagai bahan baku ban sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan
sepeda. Masyarakat menjuluki sepeda Pierre sebagai boneshaker (penggoyang
tulang) karena safety, kenyamanan, serta teknologi suspensi belum ditemukan
sehingga goyangan dan guncangan sering membuat pengendaranya sakit pinggang.
Pada era 1880-an, sepeda tiga
roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu
pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi lebih populer. Perkembangan teknologi
dari waktu ke waktu terus maju sehingga membuat desain sepeda menjadi nyaman
dikendarai. Posisi pedal yang menyatu dengan ban depan sudah mulai terpisah dan
dipasang pada rangka dengan membuat titik putar. Titik putar pada rangka
berfungsi sebagai peletakan pedal kayuh yang menggerakkan rantai ke ban
belakang sehingga memudahkan mengayuh sepeda.
Trend sepeda roda dua kembali
mendunia setelah berdirinya pabrik pertama sepeda di Coventry, Inggris pada
tahun 1885. Pabrik yang didirikan James Starley tersebut makin berkembang
setelah tahun 1888 John Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda sudah
tidak berguncang karena ban tidak keras lagi, tidak seperti sepeda boneshaker.
Penemuan lainnya, seperti rem,
perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan,
dan masih banyak lagi. Mulai abad ke-19, banyak orang mulai menjadikan sepeda
sebagai alat transportasi, alat untuk berekreasi, atau alat untuk olahraga, dengan
Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Bentuk dan model sepeda mulai beragam,
geometri atau ukuran sepeda mulai disempurnakan, yaitu ada sepeda untuk pria
dan ada juga untuk wanita.
Perkembangan teknologi perpindahan gigi memunculkan
jenis sepeda untuk olahraga seperti sepeda balap. Tapi, ada juga yang
menggunakan teknologi perpindahan gigi untuk sepeda dalam pemakaian
sehari-hari. Perkembangan penjualan sepeda dengan ukuran ban lebih kecil, yaitu
20 inchi atau dikenal dengan istilah sepeda mini mengalami kenaikan yang
tinggi. Produsen yang menjual sepeda tipe ini salah satunya adalah Schwinn. Model
sepeda mini ini kemudian berkembang dengan sebutan BMX (Bicycle MotoX). Dengan adanya
teknologi perpindahan gigi, banyak desainer sepeda atau yang menyukai sepeda
mulai mendesain sepeda yang dipergunakan di area pegunungan. Dari sinilah
munculnya aliran sepeda gunung yang dikenal dengan nama Mountain Bike. Desainer
bernama Gary Fisher (pembuat sepeda merek Gary Fisher) dan Mike Sinyard (pembuat
sepeda merek Specialized) merupakan pionir sepeda gunung (Mountain Bike).
Joseph Benyamin Mamoedi, Tan Rahardian. Langkah Mudah Merakit Sepeda. Buku SEPEDA. Rumah HOBI. 2007
http://pcbolong.blogspot.com
sumber-suber lainnya.
http://pcbolong.blogspot.com
sumber-suber lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar